Cara Mematikan Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi Normal - Miuiku

Cara Mematikan Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi Normal

Cara Mematikan Keyboard Laptop - Laptop merupakan salah satu perangkat elektronik yang banyak dibutuhkan di jaman sekarang ini. Laptop sendiri bisa digunakan untuk berbagai hal, mulai dari untuk menunjang aktivitas belajar mengajar, sarana bisnis, hingga untuk sekedar hiburan semata. Laptop dibekali dengan beragam fitur canggih yang membuatnya bisa membantu berbagai aktivitas harian para penggunanya.



Maski demikain, terkadang laptop mengalami masalah error pada bagian komponennya. Misalnya pada komponen keyboard, di mana beberapa tombol ada yang tidak berfungis normal dan bahkan rusak. Untuk mengatasinya paling mudah dengan menggunakan keyboard eksternal. Jika sudah menggunakan keyboard eksternal, sebaiknya Anda matikan saja keyboard bawaan agar tidak mengganggu fungsi dari keyboard eksternal. Lantas, bagaimana cara mematikan keyboard laptop yang sudah tidak berfungsi normal tersebut? Informasi selengkapnya bisa Anda simak di bawah ini.

Cara Mematikan Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi Normal


Sama halnya seperti komponen pada laptop lainnya, keyboard juga bisa saja mengalami error sehingga tidak bisa berfungsi normal. Kita bisa menonaktifkan keyboard error tersebut dan fungsinya diambil alih oleh keyboard eksternal.
Untuk mematikan keyboard laptop, setidaknya ada 2 metode yang bisa dilakukan. Adapun cara mematikan keyboard laptop yang error selengkapnya, sebagai berikut:

1. Mematikan Keyboard Laptop Sementara Waktu

Cara yang pertama bisa Anda terapkan jika hanya ingin menonaktifkan keyboard laptop selama sementara waktu. Jika memang dibutuhkan, nantinya keyboard bisa Anda aktifkan kembali dengan mudah. Kali ini akan kami beritahu cara disable keyboard laptop sementara waktu di Windows 10. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama Anda masuk ke menu Device Manager. Caranya dengan klik kanan pada Start Menu, kemudian klik pada opsi Device Manager. 
  • Pada halaman Device Manager, Anda klik pada opsi Keyboard. Klik pada ikon dropdown, kemudian klik kanan pada driver keyboard bawaan laptop.  
  • Akan muncul beberapa opsi mengatur keyboard, Anda klik pada opsi Update Driver Software. 
  • Akan tampil halaman baru di layar, klik pada opsi Browse My Computer for Driver Software. 
  • Selanjutnya Anda klik pada opsi Let Me Pick From a List of Device. 
  • Pada halaman selanjutnya, Anda hilangkan tanda centang pada bagian Show Compatible Hardware. Maka di sini Anda hanya akan melihat list driver yang tidak kompatibel dengan perangkat laptop. 
  • Anda pilih salah satu driver yang tidak kompatibel dengan perangkat laptop tersebut, kemudian klik tombol Yes pada notifikasi pop up yang muncul. 
  • Dengan demikian, keyboard laptop tidak akan berfungsi lagi karena driver yang digunakan tidak kompatibel dengan perangkat. 

Untuk mengaktifkan kembali keyboard laptop, Anda tinggal melakukan langkah yang sama seperti di atas. Kemudian klik pada Show Compatible Hardware, lalu pilih driver yang kompatibel.

2. Mematikan keyboard Laptop Secara Permanen

Cara Satu ini bisa dilakukan jika Anda ingin men-disable keyboard laptop secara permanen. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama Anda klik kanan pada Start Menu, kemudian pilih opsi Device Manager. 
  • Pada halaman Device Manager, Anda klik ikon dropdown pada opsi Keyboard. 
  • Akan muncul driver keyboard, sekarang Anda klik kanan pada driver keyboard bawaan laptop. Kemudian pilih opsi Uninstall Device.
  • Klik tombol Uninstall pada notifikasi pop up yang muncul untuk mengonfirmasi tindakan.
  • Selesai.

Jika melakukan cara ini, kemungkinan laptop akan mendeteksi keyboard secara otomatis kemudian melakukan pembaruan driver keyboard tersebut. Anda cukup melakukan uninstall ulang driver keyboard seperti di atas agar keyboard benar-benar dimatikan.

Itulah tadi cara mematikan keyboard laptop yang sudah tidak berfungsi secara normal yang paling mudah dan efektif. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mematikan Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi Normal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel